Rabu, 03 Oktober 2012

Chairul Tanjung PDF Print E-mail
 CHAIRUL TANJUNG

Chairul Tanjung lahir di Jakarta pada tanggal 16 Juni 1962, anak dari A. G. Tanjung dan Halimah. Beliau memili enam bersaudara. Beliau menempuh pendidikan di SD Van Lith,Jakarta pada tahun 1975, SMP Van Lith Jakarta pada tahun 1978, SMA Negeri I Boedi Oetomo Jakarta pada tahun 1981, dan terakhir Fakultas Kedokteran Gigi di Universitas Indonesia pada tahun 1987.
Chairul Tanjung sudah berwirausaha dari remaja dimana perlu diketahui bahwa ia untuk memenuhi kebutuhan kuliah ia berjualan buku kuliah stensilan, kaos, dan lainnya di kampusnya. Selepas kuliah, Chairul pernah mendirikan PT Pariarti Shindutama bersama tiga rekannya pada 1987. Kepiawaiannya dalam networking membuat bisnisnya makin berkembang.
Telah banyak aset yang Chairul Tanjung miliki, yaitu Para Group, Mega Corpora, Trans Corpora, CT Global Resource, dan 40 persen saham Carrefour. Mega Corpora terdiri dari Asuransi Umum Mega, Asuransi Jiwa Mega Life, Para Multi Finance, Bank Mega Tbk, Mega Capital Indonesia, Bank Mega Syariah, dan Mega Finance. Trans Corpora terdiri dari trans TV, Trans7, Trans Studio, dan Trans Studio Bandung. Sedangkan CT Global Resource terdiri dari Para Bandung Propertindo (Bandung Super Mal), Para Bali Investindo, Batam Indah Investindo, dan Mega Indah Propertindo. Menurut majalah Forbes, nilai aset Mr. Chairul Tanjung tahun 2011 mencapai US$ 1.1 milyar atau sekitar Rp 10 trilyun.
Tak hanya aset yang banyak dimili, berbagai penghargaan pun telah Chairul Tanjung raih, yaitu beliau mendapatkan penghargaan sebagai “Mahasiswa Teladan Tingkat Nasional” tahun 1984-1985. Chairul Tanjung juga merupakan Komisaris Utama Bank Mega, pernah mendapatkan penghargaan "Marketer of The Year “ tahun 2007 versi The Indonesian Marketing Asscociation bekerjasama dengan Markplus dan salah satu " Bankers of The Year" versi majalah Globe Asia. Pada tahun 2007, Chairul mendapat penghargaan sebagai “The Rising Star” dari Majalah Forbes Asia. Di tahun 2009 Chairul Tanjung menerima penghargaan "Entrepreneur of the Year" dari Asia Pacific Entrepreneurship Awards yang diselenggarakan oleh Enterprise Asia. Selain itu, Chairul Tanjung  diberi penghargaan  dalam katagori Life Time Achievement  Award sebagai penghargaan kepada mereka yang berperan penting dalam pengembangan ekonomi syariah di Indonesia dalam Islamic Finance Award 2010 yang diselenggarakan oleh Masyarakat Ekonomi Syariah.
Walaupun Chairul Tanjung merupakan seorang entrepreneur, ia juga memberikan kontribusi yang sangat besar kepada negara ini. Melalu CT Foundation, dimana merupakan yayasan dengan visi utama memerangi buta huruf dan mengentaskan kemiskinan di Indonesia yang beliau dirikan pada tanggal 18 Juni 2007 bersama Ibu Anita Ratnasari Chairul. Program Yayasan CT Foundation adalah mendirikan sekolah SMA CT Foundation berasrama (boarding school). Di Sumatera Utara pada tanggal 2 Februari 2010 , mulai menerima siswa baru untuk tahun ajaran 2010/2011. Dalam waktu dekat CT Foundation berencana membangun SMA Unggulan di setiap provinsi di Indonesia. Beliau juga merupakan Ketua komite ekonomi nasional, dimana KEN bertugas membuat kajian baik ekonomi nasional, regional, dan global agar membuat ekonomi domestik lebih baik.
kemudian di bidang Entertainment, beliau taman hiburan terbesar Trans Studio dibagian Indonesia Timur (Makassar).
Banyak sifat Chairul Tanjung yang perlu kita contoh. Beliau merupakan sosok yang pekerja keras. Beliau pandai mencari mitra kerja yang handal, sabar, pantang menyerah, tidak merasa gengsi, dan selalu melakukan kegiatan amal sosial di luar kesibukannya sebagai entrepreneur. Quote yang pernah beliau ucapkan, “Saya berbisnis bukan dengan merusak, tapi dengan membangun”, itulah yang paling patut kita tiru. Karena kita harus dapat membuat inovasi untuk terus berkembang tanpa merusak keindahan alam yang kita miliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar